Cara Compile dan Decompile File Framework-res.apk Android dengan APKTool

 Cara Compile dan Decompile File Framework-res.apk Android dengan APKTool

Cara Compile dan Decompile File Framework-res.apk Android dengan APKTool - Free SharezKalau anda suka oprek android di interface atau tampilanya , pastinya tidak pernah lepas sama yang namanya file framework-res.apk yang terdapat dalam folder /system/framework/. Beberapa trik tips mengedit file framework-res.apk membutuhkan compile/decompile sebelum di edit dan digunakan. kali ini saya akan berbagi cara untuk compaile ataupun decompile di file Framework-res.apk Android dengan APKToo.

Cara Compile dan Decompile File Framework-res.apk Android dengan APKTool

  1. Pertama-tama download terlebih dahulu file APKTOOL di sini. Ekstrak ke sebuah folder.
  2. Masukkan file framework-res.apk ke dalam folder tersebut. Buat juga backup copian dari framework-res.apk, beri nama saja framework-res1.apk  
  3. Buka Command Prompt.bat yang ada di folder tersebut. Ketikkan :
    • apktool if framework-res.apk
  4. Kemudian ketikkan :
    • apktool d framework-res.apk
  5. Maka akan tercipta sebuah folder framework-res
    Cara Compile dan Decompile File Framework-res.apk Android dengan APKTool
  6. Nah di folder framework-res ini berisi file-file yang sudah di decompile sehingga bisa kita edit. Baik itu mengganti gambar, ganti file XML, dan sebagainya. Contohnya seperti file XML yang jika dibuka langsung dari framework-res.apk tanpa di decompile terlebih dahulu tidak akan terbaca. Jika sudah di decompile seperti ini maka file XML yang ada di framework-res.apk akan dapat dibaca dan dibuka dengan notepad biasa sekalipun.
  7. Jika sudah melakukan pengeditan maka ketikkan :
    • apktool  b framework-res   (tanpa .apk).
      Proses nya agak lama
  8. Setelah beberapa lama di dalam folder framework-res akan tercipta sebuah folder baru bernama build dan dist. File framework-res.apk di dalam folder dist tidak bisa digunakan langsung di android kita karena itu adalah unsigned apk. 
  9. Selanjutnya, buka folder build>apk. Kemudian buka file framework-res1.apk (file backup) dengan WinRAR. Di sini kita akan melakukan overwrite/replace file.
  10. Seret file resources.arsc di folder build>apk ke framework-res1.apk.
    compile/decompile apktool
    Jika ada konfirmasi Add and Replace langsung klik OK
  11. Selanjutnya ingat file apa saja yang sudah di edit tadi di langkah 6. File-file tersebut tinggal di overwrite aja sesuai dengan folder pada framework-res.apk. Misal tadi mengedit di folder res-drawable. Maka file yang ada di build-apk-res-drawable tinggal di seret aja ke framework-res.apk-res-drawable.
  12. Jika sudah dilakukan pengeditan, ganti nama framework-res1.apk menjadi framework-res.apk. Kemudian tinggal di masukkan aja ke android anda.
passwod : caraandroid.blogspot.com

NOTE : DO WITH YOUR OWN RISK. SAYA GAK BERTANGGUNG JAWAB KALO TERJADI APA-APA SAMA ANDROID AGAN. SEBAGAI PERINGATAN, KESALAHAN MENGEDIT FILE FRAMEWORK-RES.APK DAPAT MENYEBABKAN BOOTLOOP (PENGALAMAN PRIBADI).

Cara Compile dan Decompile File Framework-res.apk Android dengan APKTool